Kamis, 09 Maret 2017

Kontrak Perkuliahan

Kontrak Perkuliahan adalah rancangan perkuliahan yang disepakati bersama oleh mahasiswa dan dosen. Kontrak perkuliahan sudah banyak digunakan dalam berbagai pendidikan, misalnya pendidikan orang dewasa, pendidikan tinggi, training dalam dunia bisnis dan industri serta dalam pembelajaran jarak jauh (Howard, et all, 2004). Penerapan kontrak perkuliahan dimaksud selain mempertinggi efektivitas pembelajaran juga sebagai perbaikan paradigm pendidikan, dari lecturer center menuju student center.
Metode ini diangap sebagai cara yang paling efektif untuk membantu mahasiswa mendiagnosa kebutuhan belajar, merancang kegiatan belajar, mendefinisikan dan memilih bahan belajar yang relevan dan cara belajar yang tepat, dan menjadi terlatih untuk melakukan evaluasi pribadi. Dalam suatu kontrak perkuliahan secara jelas akan disebutkan dan dijabarkan tujuan belajar, sumber-sumber belajar yang dapat digunakan, kegiatan-kegiatan belajar, dan prosedur penilaian (evaluasi).
Kontrak perkuliahan dapat dibedakan menjadi dua macam, kontrak belajar (individual) dan kontrak perkuliahan. Kontrak belajar individual dilakukan dosen dengan seorang mahasiswa, biasanya bersifat tailor-made  menurut kebutuan belajar mahasiswa tersebut. Biasanya kontrak belajar individual digunakan dalam mata kuliah yang ditawarkan secara mandiri (independent course). Kontrak belajar yang dilakukan dengan sekelompok mahasiswa, sifatnya lebih terstruktur dan tidak memberikan banyak kebebasan kepada mahasiswa untuk menentukan sendiri berbagai aspek kontrak tersebut. Kontrak belajar tersebut biasa disebut kontrak perkuliahan.

A.    Manfaat Perkuliahan
            Dengan adanya mata kuliah asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah diharapkan mahasiswa menjadi lebih kompeten dalam melakukan asuhan yang komprehensif pada neonates, bayi, balita dan anak pra sekolah. Serta merupakan kompetansi utama bagi seorang bidan dan dapat digunakan sebagai bekal untuk menerapkan asuhan kebidanan, khususnya asuhan asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah dalam aplikasi klinis saat praktik keterampilan, klinik kebidanan maupun pelayanan kebidanan saat telah lulus.

B.     Deskripsi Perkuliahan
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk memberikan asuhan pada neonatus, bayi, balita  dan anak pra sekolah yang didasari oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan.
⇛⇛ Selanjutnya : Kontrak Perkuliahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar