A.
IDENTITAS
MATA KULIAH
Mata kuliah : Asuhan
Kebidanan III (Nifas)
Kode Mata kuliah : Bd. 303
Pokok bahasan : Pendidikan Kesehatan
pada Ibu Nifas
Sub
pokok bahasan : Pendidikan Kesehatan tentang Vitamin A Ibu Nifas
Beban Studi : 3 SKS (T : 1, P : 2)
Penempatan : Semester III
Hari / tanggal :
Ruang : Teratai (Nifas) RSUD Banjarnegara
Pembimbing : Inke Handayani,
Amd. Keb
Mahasiswa
bimbingan : Astuti
B.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Tujuan
Umum
Setelah mengikuti pembelajaran
klinik ini peserta didik mampu menjelaskan mengenai pemberian Vitamin A pada masa nifas
setelah mendengar penjelasan dari CI.
2. Tujuan
Khusus
Setelah mengikuti proses
pembelajaran klinik ini peserta didik dapat :
a.
Menyebutkan tujuan pemberian pendidikan kesehatan tentang Vitamin A pada ibu nifas setelah
dijelaskan oleh CI
b.
Menyebutkan pengertian Vitamin A setelah dijelaskan oleh CI
c.
Menyebutkan manfaat Vitamin A untuk ibu nifas setelah
dijelaskan oleh CI.
d.
Menyebutkan sumber makanan yang mengandung Vitamin A yang dapat
dikonsumsi ibu nifas setelah dijelaskan oleh CI.
C.
DESKRIPSI
KASUS
Mahasiswa
DIV Kebidanan Semester III Politeknik Banjarnegara
akan melakukan pendidikan kesehatan tentang Vitamin A pada ibu nifas. Oleh karena
itu pembimbing memberikan bimbingan klinik dengan menggunakan metode yang akan
digunakan adalah Preseptorship dan tekhnik Bed Side Teaching yang
dilengkapi dengan Pre-Conference dan Post-Conference.
D.
RINCIAN
KEGIATAN
No
|
Kompetensi
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
Teknik
|
Hasil yang
diharapkan
|
1.
|
Pembukaan
|
1.
Mengucapkan
salam
2. Memperkenalkan
diri kepada pasien
|
5
menit
|
Preseptorship
|
Pre confrence
|
1.
Mahasiswa mampu memahami cara mengucapkan salam
2. Mahasiswa mampu memahami penjelasan cara
memperkenalkan diri kepada pasien
|
2.
|
Penyajian
|
|
10 menit
|
Bed Side
Teaching
|
1.
Mahasiswa mampu
memahami cara melakukan apersepsi
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai
pengertian Vitamin A pada masa nifas
3.
Mahasiswa mampu
menyebutkan manfaat vitamin A pada masa nifas untuk
bayi
4.
Mahasiswa mampu menyebutkan manfaat vitamin A pada masa nifas untuk
ibu
|
|
3.
|
Penutup
|
1. Melakukan
evaluasi
2. Mahasiswa menjelaskan ulang evaluasi yang telah
diberikan
3. Mengucapkan
salam penutup
|
5
menit
|
Post
conference
|
1.
Mahasiswa mampu memahami penjelasan tentang pendidikan kesehatan Vitamin A Ibu nifas
2.
Mahasiswa mampu menjelaskan ulang evaluasi yang dilakukan pada pasien
3.
Mahasiswa mampu memahami
penjelasan tentang cara mengucapkan salam penutup
|
E.
EVALUASI
a.
Prosedur :
Pre
confrence, Bedside teaching, dan Post conference
b.
Jenis Test :
Skill
c.
Alat Test :
Checklist
d.
Bentuk :
Observasi
F.
LAMPIRAN
1. Materi
2. Checklist
3. GBPP
Banjarnegara,
Pembimbing klinik/ CI
(Inke
Handayani, Amd. Keb)
CHECKLIST
PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG
PEMBERIAN VITAMIN A
PADA IBU NIFAS
NO
|
BUTIR YANG DINILAI
|
|
A.
|
SIKAP DAN PERILAKU
|
|
1.
|
Menyambut klien dengan sopan dan ramah
0 Tidak
dilakukan
1 Memberikan
salam tanpa memandang klien
2 Memberi salam
dengan memandang klien
|
|
2.
|
Memperkenalkan diri kepada klien
0 Tidak
dilakukan
2 Memperkenalkan diri sebagai bidan dengan
menyebut nama sambil berjabat tangan / memberikan
sentuhan kepada klien dengan ramah
|
|
3.
|
Merespon terhadap reaksi klien
0 Tidak merespon
acuh tak acuh
1 Merespon reaksi klien tetapi
tidak ditanggapi dengan tepat , kurang sempurna
2 Merespon reaksi klien dengan tepat dan
sopan
|
|
4.
|
Percaya diri
0 Teruji
gugup,tidak melakukan kontak mata dan suara
kurang jelas
1 Terlihat tergesa-gesa dan ragu-ragu, kurang
percaya diri
2 Terlihat tenang dan melakukan dengan
percaya diri
|
|
5.
|
Teruji memberikan rasa empati pada klien
0 Tidak dilakukan
1 Memberi kesempatan kepada klien
untuk menyampaikan keluhan tetapi tidak merespon dengan baik
2 Memberikan kesempatan kepada klien untuk
menyampaikan keluhan dan segera memberikan tanggapan dengan baik.
|
|
Total score : 10
|
||
B.
|
CONTENT
|
|
6.
|
0
Tidak dikerjakan
|
|
7.
|
Pengertian
vitamin A “Vitamin
A merupakan suplementasi vitamin A yang diberikan pada ibu menyusui selama
masa nifas yang memiliki
manfaat penting bagi ibu dan bayi yang disusuinya”
0 Tidak
dikerjakan
|
|
8.
|
Untuk Bayi :
meningkatkan kualitas ASI, meningkatkan kelangsungan hidup anak, meningkatkan
daya tahan tubuh, mencegah komplikasi dari penyakit campak & diare,
melindungi mata dari xeropthalmia & buta senja,
0 Tidak
dikerjakan
|
|
9.
|
Untuk Ibu :
memelihara kesehatan ibu selama menyusui, mencegah buta senja karena Kurang
Vitamin A
0 Tidak
dikerjakan
|
|
10.
|
0 Tidak dilakukan
1 Menyebutkan
dengan kurang tepat
2 Menyebutkan
dosis 2 x 200.000 SI
|
|
11.
|
Pemberian
pertama : segera setelah melahirkan dan pemberian ke-2 jarak 24 jam setelah
yang pertama, dan tidak lebih dari 6 minggu kemudian
0 Tidak dilakukan
1 Menyebutkan
kurang tepat
2 Menyebutkan
dengan tepat
|
|
Total score : 12
|
||
C.
|
TEKNIK
|
|
12
|
Teruji menanyakankan secara sistematis
0 Tidak
ditanyakan atau menyimpang dari topik
1 Menanyakan
tetapi tidak secara urut.
2 Menanyakan secara
urut / runtut.
|
|
13
|
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
0 Menggunakan
bahasa yang tidak dimengerti oleh klien
1 Sebagian masih
menggunakan istilah-istilah medis
2 Menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti oleh klien
|
|
14
|
Penggunaan media
0 Tidak dilakukan
1 Menggunakan
media tetapi tidak efektif
2 Menggunakan
media secara efektif dan benar
|
|
15
|
Memberi kesempatan untuk bertanya, memberikan umpan balik
0 Tidak
dilakukan
1 Memberikan
kesempatan kepada klien untuk menanyakan apa yang belum
dimengerti dan
tidak segera memberikan jawaban
2 Memberikan kesempatan kepada klien
untuk mengajukan pertanyaan apa
yang belum
dimengerti dan segera memberikan tanggapan dari apa yang
menjadi
pertanyaan klien
|
|
16
|
Melakukan pendokumentasian
0 Tidak
dilakukan
1 Mendokumentasikan
hasil penkes tanpa identitas pelaksana
2 Mendokumentasikan
secara lengkap meliputi tanggal, jam, anamnesa &
hasilnya, tanda tangan
& nama terang.
|
|
Total score : 10
|
||
NILAI AKHIR
|
TOTAL
SCORE = 32
NILAI
AKHIR = Σscore x 100
32
CHECKLIST PENILAIAN
PRE-CONFERENCE MAHASISWA
Nama mahasiswa :
Astuti
NIM :
A1203004
Nama pembimbing :
Inke Handayani, Amd. Keb
NO
|
KEGIATAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Mahasiswa hadir tepat waktu
|
||
2
|
Mahasiswa aktif mengikuti pre-conference
|
||
3
|
Mahasiswa aktif secara mandiri
|
Nilai =
CHECKLIST PENILAIAN
POST-CONFERENCE MAHASISWA
NO
|
KEGIATAN
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Mahasiswa aktif secara mandiri
|
||
2
|
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian
Vitamin A
|
||
3
|
Mahasiswa mampu menjelaskan manfaat Vitamin A dan sumber-sumber Vitamin A serta
cara pemberian / penatalaksanaan Vitamin A pada ibu nifas
|
Nilai =
CHECKLIST PRE-CONFERENCE
CI /
PEMBIMBING KLINIK
NO
|
KEGIATAN
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Pembimbing menanyakan kepada peserta didik
tentang tujuan pemberian pendidikan kesehatan mengenai Vitamin A pada ibu nifas
|
||
2.
|
Pembimbing menanyakan pada peserta didik tentang
manfaat Vitamin A pada ibu nifas
|
||
3.
|
Pembimbing menanyakan pada peserta didik tentang sumber-sumber Vitamin A serta cara pemberian /
penatalaksanaan Vitamin A pada ibu nifas
|
Nilai =
CHECKLIST POST-CONFERENCE
CI /
PEMBIMBING KLINIK
NO
|
KEGIATAN
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Menanyakan perasaan peserta didik
setelah melakukan bedside teaching
|
||
2.
|
Menanyakan kendala yang dialami
peserta didik saat pemberian pendidikan kesehatan
|
||
3.
|
Menanyakan peserta didik tentang cara
berkomunikasi yang baik pada pasien
|
Nilai =
KONTRAK
BELAJAR
Nama Mahasiswa : Astuti
NIM :
A1203004
Pokok Bahasan :
Pendidikan kesehatan pada ibu nifas
Sub pokok bahasan : Pendidikan kesehatan tentang Pemberian Vitamin A
Pembimbing : Inke Handayani, Amd. Keb
Hari / Tanggal :
TUJUAN
|
SUMBER
|
STRATEGI
PENCAPAIAN
|
OUTCOME
|
WAKTU
|
Setelah mengikuti PBK di ruang Dewi Kunti (Nifas) RSUD Kota Semarang diharapkan,
saya mampu memberikan pendidikan kesehatan tentang pemberian Vitamin A pada ibu nifas
|
1. Hanifa, W. 2007. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka
|
1. Melakukan
studi pustaka
2. Diskusi
dengan dosen pembimbing
|
Saya
akan menunjukkan kemampuan untuk :
1. Mengetahui
pengertian Vitamin A pada
masa nifas
2. Mengetahui
tujuan Pendidikan kesehatan Vitamin A pada masa nifas
3. Mampu
mengetahui manfaat Vitamin A
pada masa nifas
4. Mampu
mengetahui sumber-sumber
Vitamin A serta cara pemberian / penatalaksanaan Vitamin A pada ibu nifas
|
Selama 1 hari:
1. Menyusun
kontrak belajar
2. Menyerahkan
kontrak belajar
3. Melakukan
pendidikan kesehatan
4. Mengevaluasi
hasil tindakan dan diskusi dengan CI
|
Banjarnegara,
Menyetujui
:
Pembimbing Praktek
Pembimbing Akademik Praktikan
(Inke Handayani, Amd. Keb) (Dian Nirmala, S.SiT, M.Kes) (Astuti)
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Materi : Pemberian Vitamin A Pada Ibu Nifas
Hari / Tanggal :
Waktu : 20 menit
Tempat : Ruang Terataii (Nifas) RSUD Banjarnegara
Sasaran : Ny. M
Tujuan
Instruksional Umum
Setelah
dilakukan pendidikan kesehatan selama 20 menit diharapkan Ny. M mampu mengetahui pengertian Vitamin A.
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah
dilakukan ceramah dan Tanya jawab selama 20 menit diharapkan Ny. M mampu :
1. Menyebutkan
manfaat Vitamin A Pada Ibu Nifas
2. Menyebutkan
sumber-sumber Vitamin A
3. Menyebutkan cara pemberian / penatalaksanaan Vitamin A pada ibu
nifas
Materi
1.
Pengertian Vitamin A
2.
Manfaat Vitamin A pada ibu nifas
3.
Sumber-sumber
Vitamin A
4. Cara pemberian / penatalaksanaan Vitamin A pada ibu nifas
Metode
Ceramah dan Tanya jawab
Media
Leaflet
Proses
belajar mengajar
1.
Pembukaan : 4
menit
2.
Penyampaian materi : 10 menit
3.
Evaluasi (Tanya jawab) :
5 menit
4.
Penutup : 1 menit

Total
: 20
menit
Evaluasi
Dilakukan dengan Tanya jawab :
1. Sebutkan
manfaat Vitamin A pada ibu nifas?
2. Sebutkan
sumber-sumber Vitamin A?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar